Fri. Oct 23rd, 2020

Review Daihatsu Gran Max PU Gran Max PU merupakan salah satu kendaraan andalan Daihatsu yang tidak hanya memiliki tenaga kuat tetapi juga konsumsi bahan bakar yang efisien. Mobil ini pun mencuri perhatian publik dengan desainnya yang juga menarik. Bagi Carmudian yang memiliki usaha bisnis di bidang jasa angkutan barang dan membutuhkan kendaraan yang bisa membawa muatan barang banyak, Gran Max PU bisa menjadi pilihan yang sangat tepat.

Gran Max PU memiliki desain bak terbuka sehingga mampu membawa barang dalam jumlah banyak. Di sisi lain, mesin yang dibenamkan pada mobil Daihatsu ini dinilai cukup tangguh dengan tenaga gahar serta irit bahan bakar. Beberapa keunggulan Gran Max PU ini pun membuat banyak pengusaha yang memburu mobil besutan Daihatsu ini. Selain itu, dengan menggunakan konsep desain inside yang cukup mewah, kenyamanan berkendara dengan mobil ini semakin sempurna. Untuk harganya sendiri, Gran Max PU dijual dengan harga yang cukup terjangkau.

Menariknya, meskipun belum lama diluncurkan di pasar otomotif Tanah Air, mobil asal Jepang ini langsung mendapatkan sambutan positif yang cukup besar dari masyarakat Indonesia, sehingga tidak heran jika setiap tahun, Daihatsu Gran Max PU akan memiliki harga jual yang semakin tinggi.

Dimensi dan Desain Daihatsu Gran Max PU Meskipun pihak Daihatsu merancang Gran Max PU dengan konsep desain yang berbeda dengan mobil pikap pada umumnya, mobil ini dapat mencuri perhatian para konsumen dengan bentuk desain kabin depan dan desain bak yang diusungnya. Daihatsu Gran Max PU memiliki konsep desain minimalis yang dibalut warna hitam. Hal paling mencolok pada mobil pikap ini yakni brand Daihatsu berlapis krom yang menegaskan identitasnya.

Dari segi dimensi, mobil pikap Daihatsu ini memiliki ukuran panjang sekitar four.195 mm dan lebar mencapai 1.665 mm, serta memiliki tinggi hingga 1.850 mm. Dengan ukuran dimensi tersebut, Gran Max PU mampu mengangkut barang dalam jumlah cukup banyak. Berbeda dengan mobil-mobil pribadi lainnya, mobil jenis pikap ini lebih banyak digunakan oleh para konsumen yang memiliki lapangan usaha khususnya di bidang jasa pengangkutan barang. Selain itu, mobil ini tidak memiliki ruang bagasi, tetapi field atau bak untuk segala jenis angkutan.

Dimensi bak nya pun tergolong besar dan luas dengan ukuran dimensi panjang 2.350 mm dan lebar 1.585 mm. Ini menjadi salah satu keunggulan Gran Max PU yang diklaim memiliki dimensi bak di kelasnya. Untuk sisi eksterior, bagian depan Gran Max PU berpadu dengan desain striping bergaya modern. Selain itu, bagian depan mobil ini juga memiliki kap depan yang mungil dan memberikan warna tersendiri yang menjadi ciri khas.

Sedangkan pada bagian interior, tampilan dasbornya terlihat minimalis dan didesain sederhana. Di sisi tengah, hanya terdapat fitur hiburan seperti radio yang bisa cukup menghibur pengemudi mobil selama perjalanan pengantaran barang.

Sayangnya, untuk varian standar, fitur pendingin Air Conditioner (AC) belum disematkan. Menariknya, tuas transmisinya disematkan pada Center Cluster atau sisi samping radionya. Penempatan tuas transmisi ini terlihat sama dengan Daihatsu Calya atau Sigra. Selain itu, terdapat panel Speedometer Conventional yang menampilkan informasi bahan bakar dan tingkat kecepatan.

Bagian paling menarik pada mobil pikap ini adalah pada sisi kursi. Selain dibalut dengan material kain yang nyaman, kursinya mampu menampung sebanyak tiga orang sekaligus. Pihak Daihatsu sendiri mengatakan mobil pikap buatannya ini adalah satu-satunya yang memiliki kapasitas tiga penumpang di kelasnya. Pertanyaannya, mengapa begitu? Rahasianya terdapat pada tuas transmisi yang disematkan pada Center Cluster sehingga memberikan ruang untuk menampung tiga orang sekaligus.

Daihatsu menawarkan tiga pilihan warna Gran Max PU yang menarik, yaitu Ultra Black, Icy White, dan Classic Silver Metallic. Perlu diketahui, untuk sasis bodi Gran Max PU, telah mengadopsi mannequin Gran Max Mini Bus (MB). Namun, mannequin pickupnya menggunakan perpaduan moncong Gran Max dan separuh diisi field.

Secara keseluruhan, Daihatsu Gran Max PU memiliki desain eksterior yang terlihat menarik serta interior yang dapat memberikan kenyamanan secara maksimal pada pengguna mobil ini yang sudah dibekali berbagai fitur cukup lengkap.

Dengan harga yang juga cukup terjangkau, Gran Max PU menjadi salah satu mobil pikap yang banyak diburu para konsumen serta menjadi primadona di kelas mobil mannequin pickup.

Performa Mesin Gran Max PU Selain memiliki desain yang cukup unik, mobil asal Jepang ini terkenal dengan ketangguhannya pada sektor mesin. Performa mesin yang diperlihatkan oleh mobil besutan Daihatsu ini memang terbilang gahar, namun bahan bakarnya sangat efisien.

Daihatsu Gran Max PU mengandalkan mesin jenis K3 – DE, DOHC berpendingin air 1.298 cc (tipe 1.3) dan 3SZ – VE, DOCH VVTi berpendingin air 1.495 cc (tipe 1.5). Masing-masing memiliki sixteen katup dan four silinder segaris.

Memiliki 2 tipe mesin yang berbeda yaitu 1.3 dan 1.5, membuat tenaga dan torsi yang dikeluarkan oleh mobil ini pun berbeda. Tipe 1.3 yang memiliki diameter piston dan stroke masing-masing berukuran seventy two,0 mm x 79,7 mm dapat menghasilkan tenaga maksimum hingga 88 Ps pada putaran mesin 6.000 Rpm. Selain itu, tipe mesin ini juga mampu menghasilkan torsi maksimum sebesar eleven,7 Kgm pada putaran mesin 4.400 Rpm.

Sedangkan untuk tipe 1.5, mobil mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 97 Ps pada putaran 6.000 Rpm dan torsi maksimum sebesar thirteen,7 Kgm pada four.four hundred Rpm. Kedua jenis mesin ini akan dikombinasikan dengan sistem transmisi 5 percepatan yang mampu mengeluarkan sebuah tarikan handal dan sangat responsif.

Di sisi lain, mobil pikap buatan Daihatsu ini sudah dilengkapi dengan sebuah teknologi canggih, yaitu Fuel Injection System sebagai sistem penyuplai bahan bakarnya. Teknologi tersebut bisa membuat tingkat konsumsi bahan bakar pada Gran Max PU menjadi semakin irit, serta dapat menghasilkan fuel buang yang lebih bersih.

Suspensi dan Kaki-Kaki Daihatsu Gran Max PU Karena harga Daihatsu Gran Max PU yang semakin meningkat setiap tahunnya, maka tingkat keamanan, kenyamanan, dan kestabilan berkendara juga pastinya semakin ditingkatkan. Ini dibuktikan dengan suspensi handal yang dibenamkan oleh Daihatsu pada mobil ini, yaitu suspensi jenis MacPherson strut pada bagian depan mobil ini. Sedangkan pada bagian belakang, mengandalkan suspensi jenis Rigid-axle yang membuat tingkat kenyamanan berkendara dengan Gran Max PU lebih sempurna. Kedua jenis suspensi tersebut bisa meredam getaran yang terjadi jika mobil melewati medan jalan yang tidak rata ataupun jalanan bergelombang.

Di sisi lain, sebagai mobil yang digunakan untuk mengangkut barang dalam jumlah banyak, pihak Daihatsu melengkapi Gran Max PU dengan kaki-kaki yang kuat. Hal ini bertujuan jika saat mobil ini mengangkut barang dengan beban yang berat, sasis pada mobil Daihatsu Gran Max PU ini menjadi tidak mudah melengkung atau hal-hal yang yang tidak diinginkan lainnya. Untuk ukuran ban, mobil pikap ini mengandalkan ban dengan ukuran 175 R13-8PR yang membuat mobil ini terlihat kuat dan gagah. Dengan spesifikasi tersebut, tidak heran jika harga Daihatsu Gran Max PU ini setiap tahun semakin bertambah mahal.

Fitur Daihatsu Gran Max PU Memiliki daya angkut yang besar serta diimbangi dengan Chasis yang kuat, Gran Max PU dapat mengangkut banyak barang bawaan tanpa hambatan. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, suspensi Gran Max PU menggunakan MacPherson Strut pada bagian depan, serta suspensi Rigid Axle di bagian belakang.

Sayangnya, untuk fitur keselamatan seperti Airbag, belum disematkan pada mobil ini. Meskipun begitu, sabuk pengaman sudah dihadirkan pada setiap bangkunya. Hal ini cukup bisa dimaklumi karena harganya yang sangat terjangkau.

Sedangkan untuk fitur hiburan, Daihatsu Gran Max PU hanya memiliki fitur radio saja. Pada kedua pintunya, terdapat Door Armrest yang berguna untuk menyanggah tangan pengguna mobil ini sehingga tidak mudah lelah jika menempuh perjalanan jarak jauh. Kedua fitur ini dinilai cukup memuaskan untuk sekelas mobil pikap. Selain itu, fitur radio yang sudah disebutkan sebelumnya, dirasa cukup untuk mengusir kebosanan pengendara dalam perjalanan.