Sun. Nov 29th, 2020

Permasalahan keuangan yang menimpa masyarakat Indonesia bisa diselesaikan dengan berbagai macam cara. Mulai dari sebisa mungkin mencari sumber pendapatan atau penghasilan tambahan untuk keluarga atau cara yang lainnya adalah dengan mencari alternatif pinjaman pada lembaga keuangan. Pilihan produk yang ditawarkan juga sangat beragam dan berasal dari berbagai sumber, mulai diantaranya adalah bank, sampai dengan lembaga keuangan non bank juga menawarkan produk tersebut. Bahkan Anda juga bisa memilih langkah praktis, diantaranya adalah dengan gadai BPKB mobil Jakarta Timur

Tentunya sudah tidak asing dengan istilah yang satu ini bukan, gadai ini adalah cara untuk mendapatkan pinjaman dengan cara menaruh barang baik itu sertifikat properti, kendaraan ataupun juga emas ke lembaga tersebut. Nantinya akan ditaksir berapa harga barang tersebut untuk kemudian diberikan pinjaman. Tentunya juga dengan nominal berbeda menyesuaikan dengan barang gadai tersebut. Keberadaan dari lembaga gadai yang ada di Indonesia ini juga banyak sekali, dimana mereka memberlakukan syarat dan ketentuan yang berbeda-beda.

 

Namun sebelum Anda memutuskan untuk melakukan gadai ke sebuah lembaga keuangan, maka penting sekali untuk setidaknya mengetahui beberapa hal berikut ini terlebih dahulu, yaitu:

 

  1. Syarat dan ketentuan, setiap lembaga pembiayaan atau yang menawarkan gadai ini memiliki syarat dan ketentuan yang pastinya berbeda-beda. Itulah mengapa harus selektif dalam melihat syarat ini. karena belum tentu nantinya Anda dapat memenuhi semua syarat yang diminta oleh pihak tersebut. Di satu sisi bisa saja nantinya syarat yang diberikan terlalu membebani atau merugikan bagi debiturnya tersebut.
  2. Nilai bunga, ketahui juga berapa besarnya bunga yang harus Anda bayarkan untuk mendapatkan pinjaman tersebut. Karena berbeda lembaga juga akan memberlakukan suku bunga yang berbeda. Hal ini sangat berhubungan dengan keamanan Anda dalam membeli produk tersebut, apakah menguntungkan atau justru akan membebani di masa mendatang.
  3. Tenor, tenor atau jangka waktu pelunasan pinjaman sangat menentukan apakah nantinya pinjaman tersebut bisa Anda lunasi secara tepat waktu ataukah tidak. Apalagi jika seandainya tenor yang diberikan pendek, otomatis nilai cicilan juga jadi semakin besar, membuat Anda harus mencari sumber penghasilan tambahan untuk bisa melakukan pelunasannya.
  4. Penafsiran harga barang yang digadaikan, tak kalah penting hendaknya Anda memperhitungkan berapa tafsiran harga barang dari lembaga keuangan tersebut. Apalagi tak jarang memang lembaga gadai yang sesuka hati dalam menafsir harga barang. Tidak memiliki jasa seorang penafsir yang sudah tersertifikasi. Mau tidak mau hal ini merugikan nasabah bukan, karena tidak bisa mendapatkan pinjaman dalam jumlah yang optimal sesuai kebutuhan.
  5. Biaya tambahan lain, tak hanya suku bunga, faktanya ada begitu banyak biaya lain yang dikenakan kepada Anda sebagai tambahan jika seandainya ingin mengajukan gadai. Karena bisa jadi nantinya kisaran atau biaya tambah ini nilainya semakin besar sehingga akan memberatkan dalam pelunasan hutang gadai tersebut.

 

Itulah diantaranya beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan untuk gadai BPKB mobil Jakarta Timur. Menggadaikan barang ini di satu sisi memang memberikan keuntungan pada Anda, namun di sisi yang lainnya bisa sangat merugikan jika seandainya Anda salah dalam memilih lembaga gadai. Gunakan uang dari hasil gadai ini untuk sesuatu yang sifatnya produktif dibandingkan dengan pemanfaatan yang konsumtif, sehingga bisa membuat arus kas keuangan lebih sehat.