Sun. Nov 29th, 2020

Meski pasar roda empat otomotif international dikuasai oleh SUV, tak dapat dipungkiri di Indonesia MPV masih yang paling digemari oleh konsumen. Dari sekian banyak MPV di Indonesia yang digemari tersebut, salah satunya adalah Toyota Kijang Innova.

Mobil ini digemari karena punya beberapa keunggulan. Dari beberapa keunggulan tersebut, kabin yang luas sehingga punya daya angkut yang banyak menjadi keunggulan yang paling diakui oleh konsumen. Namun masalahnya Innova bukan masuk dalam kategori mobil yang ekonomis bagi sebagian orang.

Untuk kisaran harga Innova sendiri saat ini paling murah Rp 323 hingga Rp 426 jutaan untuk varian tertinggi. Lantas apakah bisa dengan dana Rp 100 juta membawa pulang sebuah Kijang Innova?

Foto: Garasi.idJawabannya bisa. Namun bukan unit baru melainkan mobil bekas. Dari pantauan kami di OLX (23/four), Innova bekas ada yang dijual Rp a hundred juta, bahkan ada juga yang di bawah harga tersebut. Namun harga tersebut berlaku untuk Innova lansiran 2005, tipe G dan V. Pilihan warnanya rata-rata hitam dan silver. Untuk pilihan Transmisinya ada yang otomatis dan handbook.

Begitu juga dengan yang kami pantau di situs jual-beli mobil on-line garasi.id di hari yang sama, Innova yang dibanderol tidak lebih dari Rp one hundred juta, berlaku untuk lansiran 2005 dengan tipe, pilihan warna dan transmisi yang sama dengan yang ada di OLX.

Meski dalam situs jual-beli online tersebut mobil diklaim punya kondisi bagus, dikatakan Fransisca FA, Ketua Harian Innova Community pusat, calon konsumen harus tetap cek beberapa hal, mulai dari kelengkapan surat-surat, kaki-kaki dan mesin.

“Karena (innova) di bawah 2007 khawatir kilometer tinggi. Jadi harus cek kaki-kaki dan mesinnya, khawatir bermasalah,” ujarnya saat dihubungi OtoDriver.

Lalu lanjut wanita yang akrab disapa Sisca itu mengatakan, jangan lupa juga cek apakah mobil tersebut pernah tabrakan ataupun pernah terendam banjir

“Cek kap dan pintu untuk memastikan belum pernah tabrakan. Cek interior untuk memastikan bukan bekas banjir atau terendam air. Untuk tahu bekas banjir bisa juga cek AC. Kala bau apek banget dan bau lembab kemungkinan pernah kena banjir,” pungkasnya.