Sun. Nov 29th, 2020

Grand Prix Formula 1 (F1), balapan paling bergengsi di dunia

Bagi penggemar balapan, mobil balap Formula 1 (F1) bukan hal asing. Kecepatan luar biasa dengan suara menggelegar memekakkan telinga membuat mobil balap F1 jadi satu-satunya mobil balap tercepat di sirkuit aspal, orang-orang menyebutnya jet darat. Banyak cerita dari mereka yang pernah menyaksikan balapan F1 langsung di sirkuit sensasinya sangat luar biasa, beda jauh dari dari sekedar menonton di layar kaca. Muncul pertanyaan bagaimana mobil balap F1 bisa sekencang itu?

Ada banyak sekali faktor yang membuat mobil balap F1 bisa melaju luar biasa kencang disamping keberadaan talent pembalap dan kondisi sirkuit. Salah satu yang cukup menunjang performanya adalah keberadaan komponen dalam mobil berupa damper dan kopling. Sebagai contoh, pada balapan Formula 1 Singapore Grand Prix 2018 yang digelar Minggu, 16 September 2018 lalu di Marina Bay Street Circuit, 6 pembalap tercepatnya menggunakan kopling buatan ZF.

Kepala Komunikasi Regional AP – Aftermarket ZF Stefanie Fischer menuturkan mobil-mobil F1 macam Red Bull, Scuderia Ferrari, Haas, Sauber, dan Toro Rosso menggunakan kopling buatan ZF. Sedangkan yang memakai damper buatan ZF adalah Ferrari, Sauber, Force India dan Haas.

“Teknologi yang mendukung mobil-mobil balap ini memungkinkan mereka untuk melaju sampai batas maksimum mereka berkat setiap komponen yang bekerja secara sinkron di bawah kap mesin,” tutur Stefanie dalam keterangan resmi, Selasa (sixteen/10/2018).

>>> Baca: Prototipe Project One, Gabungan Kecepatan F1 di Jalan Raya Khas Mercedes-AMG

Salah satu damper buatan ZF untuk mendukung kestabilan mobil balap

Stefanie menjelaskan kopling ZF untuk mobil balap F1 dibuat menggunakan materials karbon dan titanium memang dibuat khusus sesuai permintaan pembalap dan time. Keistimewaan kopling tarik 97 mm ini bisa beroperasi hingga putaran mesin 22.000 rpm dan torsi maksimum 800 Nm.

“Gesekan pada karbon untuk gerakan awal dioptimalkan, pegas diafragma dengan stabilitas termal serta rumah kopling dibuat dengan titanium berkekuatan tinggi,” jelasnya.

>>>Membeli mobil baru, cek daftar harga mobil terupdate dan terlengkap di Mobilmo.com

Sama dengan kedahsyatan kopling ZF, damper ZF juga dibikin dengan material luar biasa, yaitu titanium yang terbungkus alumunium berkekuatan tinggi. Damper batangan ini memiliki berat kurang dari 300 gram dengan diameter piston tidak lebih dari 30 mm.

“Untuk menempatkan semua komponen itu dalam perspektif, maka setiap spesifikasi dalam produk akan bekerja bersama-sama untuk memberikan performa level tertinggi dan memastikan keamanan maksimum di setiap balapan,” tambah Stefanie.

Sekedar informasi, ZF atau Zahnradfabrik Friedrichshafen adalah pembuat suku cadang mobil asal Jerman yang juga pemasok teknologi driveline dan chassis di seluruh dunia serta teknologi keamanan aktif dan pasif untuk mobil dan kendaraan komersial. Dalam beberapa tahun terakhir ZF turut berperan dalam kesuksesan tim balap F1 yang digelar di berbagai negara. Bahkan sejak pertengahan musim 2016/2017 ZF resmi menjadi partner tim balap Formula E, Venturi hingga saat ini.

>>> Baca: Review McLaren Senna 2018: Warisan Sang Legenda Balap F1 Paling Populer

ZF jadi sponsor resmi Tim balap Formula E, Venturi

>>>Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo